Wisata Kuliner Khas Jogja Yang Unik Dari Daerah Istimewa

Kota Jogja memang terkenal sebagai salah satu surga bagi Anda yang ingin memuaskan hasrat Anda bertualang dan wisata di Yogyakarta. Tak hanya untuk menikmati keindahan alamnya yang alami, garis pantainya yang melegenda atau beragam kisah sejarah yang melatari berbagai kawasan wisata tradisi. Tetapi juga untuk memuaskan lidah Anda dengan wisata kuliner Jogja.

Kota Jogja rupanya menyimpan beragam pilihan wisata kuliner istimewa yang bahkan tak akan dengan mudah Anda jumpai di luar kota Jogja. Begitu khas sampai sangat disayangkan kalau Anda tak menyempatkan diri bertandang dan icip-icip lidah di sana.

Dan pada kesempatan ini, pengendolan.com akan mencoba mengenalkan pada Anda beberapa pilihan wisata kuliner khas Yogyakarta yang tak akan terlupakan dan tak mudah Anda temukan di kota lain. Adapun ragam kuliner Jogja tersebut adalah seperti dibawah ini.

  1. Gudeg Manggar

    Gudeg Manggar EnakGudeg memang salah satu kuliner yang demikian melekat dengan kota Jogja, sampai-sampai kota ini juga memiliki julukan kota gudeg. Hanya saja, kini Anda tak perlu bertandang ke Yogya hanya demi sepiring gudeg nangka yang nikmat. Tetapi kalau gudeg manggar? Gudeg yang terbuat dari bahan bunga kelapa itu bahkan tidak mudah Anda temukan di kota Jogja, selain beberapa lokasi di kawasan Mangiran Bantul. Soal rasa jelas istimewa, tak ada yang bisa menyamai rasa unik bunga kelapa panggang yang dimasak ala bumbu gudeg.
  2. Sate Karang

    sate karang Kuliner Khas JogjaJangan mengira sate satu ini terbuat dari karang atau menggunakan karang dalam pembuatannya. Nama karang digunakan karena awalnya sate berbahan daging sapi ini dijual di lapangan karang Kota Gede. Sate ini istimewa karena penyajiannya yang unik, dengan sate daging sapi berbumbu kecap, lontong lembut berkuah opor tempe. Rasanya sudah pasti legit dan gurih.
  3. Sego Pecel
    Menu satu ini mungkin akan dianggap banyak orang tak terlalu istimewa. Tetapi begitu Anda mencicipi hidangan yang memiliki gerai tepat di utara kampus UGM Bulak Sumur ini Anda akan langsung ketagihan. Rahasianya adalah bumbu pecel khas Jogja yang diracik khusus dengan rasa yang mungkin tidak Anda temui di dalam bumbu pecel lain. Anda bisa juga membeli bumbu pecel siap pakai yang sudah disediakan oleh penjual di dalam gerai.
  4. Nasi merah Lombok ijo

    Nasi merah Lombok ijo gunungkidulKuliner khas Jogja satu ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai makanan asli masyarakat Gunungkidul. Yang membuatnya istimewa adalah penggunaan nasi dari beras merah dan sayur berkuah santan sebangsa lodeh dengan isian daun melinjo, tempe dan cabe ijo. Dengan lauk beragam bacem hidangan istimewa ini memang dengan ajaib berubah menjadi istimewa. Dijamin rasanya segar dan legit sekaligus.
  5. Kopi Joss
    Angkringan Kopi Joss Jogja
    Sudah kenyang bertualang dengan aneka hidangan berat, tak ada salahnya menikmati malam yang tersisa dengan secangkir kopi dan aneka camilan gorengan ala angkringan. Tapi kopi kali ini jelas berbeda dari biasanya. Karena kopi satu ini sengaja di celupkan arang membara. Rasanya memang jadi unik dan tidak akan bisa Anda temukan pada sajian kopi hitam lain. Konon efek arang juga membuat kopi ini rendah oksidan, jadi lebih aman untuk kesehatan. Lokasinya juga mudah Anda temukan hanya tepat di sisi utara stasiun Tugu, sebut saja angkringan pak Man. Namanya sudah terlalu melegenda sampai tak mungkin tak dikenal.

Itu tadi beberapa kuliner khas Jogja yang dijamin akan memuaskan selera dan lidah Anda. Yang pasti hidangan-hidangan di atas tak mudah Anda temukan di kota lain selain Yogyakarta. Tak afdol memang menjelajah dan berwisata ke Keraton Yogyakarta, Gua Pindul, Candi Borobudur, atau candi Ijo tanpa mencoba kuliner khasnya. Dan bila Anda menjajakan kai di kota gudeg ini jangan lupa menjajal wisata kuliner Jogja ini diatas. Selain itu di Kota ini juga terdapat beberapa tempat makan yang unik seperti Makan Indomie Seperti  Bungkusnya, dan juga makan serba Jamur di Jejamuran.