Wisata Gunung Kidul Di Ujung Timur Jogja

Kalau membahas soal wisata Gunung Kidul rasanya memang tak mungkin tidak bicara soal wisata pantai di Jogja. Kawasan Gunung Kidul yang bersentuhan langsung dengan garis pantai selatan Jawa yang garang dan misterius memberikan daya tarik tersendiri yang seolah tak berkesudahan. berikut info dari pengendolan.com tentang Pantai Jungwok yang menjadi salah satu tempat wisata di jogja

Membentang sejauh 71 km dari barat menuju timur, kawasan pantai di jajaran selatan Gunung Kidul ini menyuguhkan pantai cantik yang rata-rata berpasir putih. Dengan gugusan karang yang membingkai lepas pantai bahkan kadang membentuk tanggul cantik yang merias pantai. Belum lagi tepian pantai berupa jajaran bukit karang yang memberi nuansa tersendiri yang menawan, ketika memandang pantai dari puncak bukit karang dan menghempaskan pandangan ke arah lepas pantai yang beriak.

Jangan lupakan pula kenyataan bahwa pantai selatan yang secara langsung bersentuhan dengan samudera Hindia. Samudera yang membuat ombak di pantai selatan lebih tinggi dan garang. Menyapa pantai dengan lebih berani dan beriak.

Dan selama ini Anda mungkin sudah cukup akrab dengan nama-nama pantai ternama di kawasan wisata Gunung Kidul seperti pantai Baron, pantai Kukup, pantai Sepanjang atau pantai Indrayanti. Tetapi tahukah Anda pantai unik yang hadir dengan nuansa lebih alami dan lebih misterius di ujung timur jajaran pantai Gunung Kidul? Tepat di sudut km 71 garis pantai Gunung Kidul?

Pantai unik bernama pantai Jungwok ini hadir dengan keistimewaannya yang membuat Anda tak akan jengah menikmati panoramanya. Bukan sekedar pantai berpasir putih dan bergugus karang biasa sebagaimana kebanyakan pantai di jajaran pantai selatan Gunung Kidul. Karang di sini berwujud lebih besar menjulang seolah menjadi tiang pantai yang menumbuhkan kesan misterius.

Karena karang di sini sama sekali belum dieksploitasi, jadi Anda masih dengan mudah menemukan gugusan karang dalam ukuran-ukuran besar dan bentuk unik. Malah beberapa pakar geologi meyakini kondisi karang di sini termasuk yang tertua dan masih perawan, usianya diperkiraka sudah mencapai jutaan tahun.

Belum banyak perubahan bentuk oleh ulah tangan manusia sebagaimana di area pantai lain.  Jajaran karang demikian padat sampai ditepian pantai hingga lepas pantai. Diyakini gugusan karang purba ini menjadi penyebab kawasan pantai Jungwok ini masih memiliki pasir yang berbutir kasar sisa pecahan karang. Pantai di kawasan ini jarang terhempas ombak sehingga pasirnya tidak menjadi halus.

Yang menarik, gugusan karang ini juga membentuk sebuah kolam kecil di sisi timur pantai. Kola mini cukup besar mencapai kedalaman hingga 1,5 meter. Kolam karang ini akan dipenuhi air sisa air pasang di malam sebelumnya dan Anda akan menikmati keseruan berenang di dalam kolam air asin ini.

Atau Anda ingin mencicipi sebuah sumber air tawar di tengah pantai tepat berlokasi tak jauh dari ceruk kolam karang tadi. Memang unik muncul sumber air tawar di tengah pantai yang seharusnya hanya memiliki air asin. Bahkan air tawar ini seolah beriak menuju laut dengan aliran lembutnya.

Rasanya memang akan sangat menarik menghabiskan masa rehat Anda dengan menikmati keindahan pantai Jungwok ini. Hanya saja, pantai ini tetap saja jarang dikunjungi. Lokasinya yang terlalu diujung dengan jarak mencapai 75 km dari pusat kota Jogja membuat banyak wisatawan enggan bertandang.

Padahal kalau Anda sudah sampai di kawasan pantai Siung dan Wedhi Ombo pantai ini sudah sangat mudah Anda jangkau. Letaknya hanya sekitar 20 menit saja dari pantai Wedhi Ombo dengan kendaraan bermotor roda dua. Dengan pesona yang disuguhkan oleh wisata Gunung Kidul satu ini, rasanya perjalanan 20 menit sangat pantas, karena pastinya Anda akan mendapatkan kepuasan dari pesona pantai Jungwok ini. Sebenarnya banyak spot wisata di Gunung Kidul salah satu yang terkenal adalah Goa Pindul. Sudah sampe di daerah istimewa, tak ada salahnya mencicipi kuliner khas Jogja. Selamat berlibur kawan