Wisata di De Mata dan De Arca Jogja

Yogyakarta merupakan rumah orang-orang kreatif. Banyak ide-ide datang dari kota ini. Beberapa seniman bahkan mengatakan bahwa mereka menemukan inspirasi mereka dari kota ini. Ada banyak hal untuk dilihat dan dipelajari dari Kota ini. Salah satu hal kreatif itu dapat kita lihat di DE MATA & DE ARCA JOGJA.

Tak hanya Upside Down World Jogja yang bikin kita ingin selalu foto. De Mata & De Arca merupakan sebuah museum unik yang baru saja dibuka di kota ini. Apa saja hal yang membuat museum ini menjadi begitu unik? dan Apa yang akan kita dapatkan saat masuk ke ruang museum ini? Berikut sedikit info dari pengendolan.com

Hal Yang Unik di De Mata dan De Arca Yogyakarta

Ini adalah Museum 3D dengan berbagai hal kreatif. Ada dua macam yang dipamerkan di museum ini yaitu gambar 3D dan patung-patung orang terkenal. De Mata juga dikenal sebagai Trick Eye Museum , sementara de Arca ini juga dikenal sebagai museum patung. Museum ini diatas tanah seluas sekitar 1.500 meter persegi yang berada di kawasan XT Square Jogja. Ada beberapa yang menarik untuk lakukan di dalam museum ini.

Wisata di De Mata & De Arca Yogyakarta

Museum ini adalah tempat yang baik bagi mereka yang suka memotret, termasuk diri mereka sendiri alias selfie. Selain mengagumi kerja keras dari beberapa seniman menciptakan lukisan 3D dan patung-patung orang terkenal, pengunjung bebas untuk berfoto ria disini. Kita juga dapat membuat beberapa pose yang akan menjadikan kita seolah olah berada pada suatu tempat atau selfie dengan lukisan dan patung-patung.

Di dalam De Mata, terdapat sekitar 120 lukisan 3D yang harus Kalian lihat satu per satu. Lukisan-lukisan ini menantang Kita untuk membuat pose yang tidak biasa. Yang lebih menarik adalah bahwa lukisan secara teratur diganti. Sehingga tidak cukup bagi Kita datang ke museum ini hanya sekali. Kita perlu mengunjungi museum lagi dan lagi dan menemukan gambar yang baru. Gambar terdiri dari beberapa pahlawan, orang-orang penting, budaya, hewan, alam, dll.

Foto di De Mata Yogyakarta

Foto di De Mata Yogyakarta

Selain itu, patung tokoh tokoh terkenal bisa jauh lebih menarik. Ada beberapa patung tokoh terkenal dari seluruh dunia. Berbeda dari gambar yang diganti secara teratur, patung-patung tampaknya tidak diganti. Anda dapat mengambil gambar dengan patung tersebut seolah-olah Kita sedang berada di samping mereka. Dengan beberapa editan, orang lain mungkin berpikir bahwa Kita sedang dengan tokoh tersebut, baik tokoh nasional dan internasional.

Museum De Mata dan De Arca, memiliki konsep mereka sendiri yang akan ditampilkan. Ada beberapa gambar 3D secara manual dilukis oleh seniman. Namun, ada juga yang dicetak secara elektronik.

Patung Jokowi di De Arca Yogyakarta

Patung Jokowi di De Arca Yogyakarta

Salah satu tujuan dari menampilkan beberapa patung tokoh nasional dan internasional adalah untuk memperkenalkan mereka ke pengunjung. Ada beberapa orang tidak tahu tokoh tersebut dengan baik. Setelah masuk ke De Arca Museum dan bertemu patung tersebut, para pengunjung diharapkan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang tokoh tersebut. Selain itu, ada juga beberapa pemahaman budaya yang disajikan melalui patung-patung. Bahkan, kita perlu belajar lebih banyak tentang budaya, terutama salah satu dari Yogyakarta. Setiap orang dapat mengambil beberapa manfaat dari museum ini sehingga museum De Mata dan De Arca ini merupakan tujuan wisata yang cocok untuk keluarga.

de arca statue art museum Jogja photo

Hulk di de arca statue art museum Jogja photo

Rute dan Lokasi De Mata & De Arca

De Mata Museum adalah Museum 3D pertama yang dibangun di Yogyakarta. Dibangun lebih dari 3 tahun yang lalu. Ada beberapa kota lain yang memiliki jenis museum 3D yaitu Semarang, Surabaya dan Palembang. Di Yogyakarta, terletak di daerah basement area dari Bangunan Umar Kayam di Kompleks XT Square, Umbulharjo, Yogyakarta. Letaknya persis di Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Veteran. Untuk mencarinya kalian bisa cari di Google Maps atau memasukkan koordinat ini :-7,816316, 110,387144.

Lokasinya cukup strategis karena terletak dekat pusat kota Yogyakarta tidak terlalu jauh dari Terminal Giwangan. Mudah saja untuk pergi menuju musum ini dengan  bis (Trans Jogja), taksi, mobil atau sepeda motor.

Fasilitas

Fasilitas De Mata dan De Arca Museum cukup lengkap. Museum ini dilengkapi dengan AC, kantin, toko-toko suvenir, mal radio, toilet dan tempat parkir yang luas. Oleh karena itu, cukup nyaman untuk orang asing atau wisatwan dari luar daerah atau mancanegara. AC diadalm museum bisa membuat pengunjung merasa lebih betah setelah merasa cuaca panas di luar.

XT Square sendiri merupakan pasar seni Yogyakarta. Ini adalah pusat perbelanjaan di mana banyak souvenir tradisional dari Yogyakarta dan Indonesia ditampilkan. Ada ratusan kios yang menjual beberapa barang yang menarik untuk dibawa pulang. Pasar ini biasanya memiliki beberapa acara, termasuk pameran.

Ada 13 kios makanan di XT Square. Ini memiliki luas yang mungkin untuk 350 orang. Oleh karena itu, tidak masalah jika Kita tidak membawa apapun makanan dan minuman. Kita bisa membelinya dari kios-kios yang ada. Ini juga merupakan ide yang bagus untuk mencicipi makanan lokal.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Ada tiga bagian dari De Mata dan De Arca Museum, yaitu De Mata 1, De Mata 2, dan De Arca. Jam operasionalnya yaitu pada pukul 10.00-22.00 WIB setiap hari. Sedangkan untuk harga tiket masuk ke museum ini dapat dilihat pada list dibawah ini.

Tiket untuk De Mata 1:

  • Rp 30.000 untuk hari Senin – Jumat pukul 10.00 dan 15.00 WIB.
  • Rp 40.000 untuk hari Senin – Jumat pukul 15.00 dan 22.00 WIB.
  • Rp 60.000 untuk hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional.

Tiket dari De Mata 2 lebih murah dari satu dari De Mata 1.

  • Rp 20.000 untuk hari Senin – Jumat pukul 10.00 dan 15.00 WIB.
  • Rp 30.000 untuk hari Senin – Jumat pukul 15.00 dan 22.00 WIB.
  • Rp 40.000 untuk hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional.

Harga tertinggi adalah untuk tiket De Arca Museum.

  • Rp 35.000 untuk Senin – Jumat pukul 10.00 dan 15.00 WIB.
  • Rp 50.000 untuk Senin – Jumat pukul 15.00 dan 22.00 WIB
  • Rp 60.000 untuk hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional.

kita dapat mengunjungi salah satu atau beberapa museum dan membeli tiket secara terpisah. Tapi jika Kita memutuskan untuk mengunjungi seluruh museum, Anda lebih baik mengambil tiket terusan untuk semua bagian-bagian dari museum.

  • Rp 85.000 untuk Senin – Jumat pukul 10.00 dan 15.00 WIB.
  • Rp 100.000 untuk Senin – Jumat pukul 15.00 dan 22.00 WIB.
  • Untuk Libur Nasional atau Sabtu dan Minggu, harga Rp 120.000.

Jadi akan lebih murah kalau kalian ingin mengunjungi semua bagian dari De Mata & De Arca Yogyakarta. Itulah sedikit info mengenai salah satu tempat wisata di Jogja yang menarik bagi kalian yang suka pamer foto di Instagram atau di media sosial lainnya. Kalau kalian mau menginap di hotel yang instragrammable di Jogja bisa mengunjungi artikel Hotel di Jogja yang Bikin Kalian Ingin Foto Selfie.