Pantai Parangtritis Yang Indah Dan Penuh Mistis

Pantai parangtritis merupakan salah satu pantai di Jogja yang namanya sudah terkenal ke seantero nusantara. Keindahan suasana pantai, pasir hitamnya yang khas, ombaknya yang menggulung tinggi, tebing-tebing karang yang menjulang di sekitar pantai, serta cerita mistis pantai ini seakan menjadi magnet wisatawan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bahkan ketika anda mengunjungi pantai ini, anda juga akan mendapati banyak turis asing yang sedang asik menikmati suasana pantai yang sunsetnya terkenal sangat indah ini. obyek wisata ini juga merupakan salah satu destinasi wajib beberapa paket wisata Jogja yang disedikan oleh agnet tour.

Walaupun terkenal tempat wisata di Jogja dengan pantainya yang indah, tapi pesona parangtritis sudah menghipnotis ribuan wisatawan untuk mengunjungi pantai ini setiap bulannya. Pantai parangtritis memiliki kontur tanah yang sangat landai, sehingga kawasan pasir di pantai ini sangat luas. Bahkan saking luasnya anda bisa bermain ATV. Yup, ATV atau All Terrain Vehicle dapat anda pacu dengan leluasa di pantai parangtritis. Tarif sewa ATV ini sekitar Rp.50.000 – Rp.100.000, tergantung keterampilan anda menawar. Memang biasanya ATV dipakai sebagai kendaraan roda empat mini untuk berpetualang di medan offroad, tapi di pantai parangtritis anda dapat menggunakannya untuk menyusuri bibir pantai yang cukup luas sambil menikmati hembusan angin dan deburan ombak pantai parangtritis yang mempesona.

Selain anda dapat menyusuri pantai parang tritis menggunakan ATV, anda juga dapat sedikit bersantai menyusuri pantai dengan menaiki Bendi, kereta kuda beroda dua. Anda akan dibawa berkeliling menyusuri pinggir pantai sambil bersantai duduk diatas bendi, jangan lupa juga untuk mengabadikan momen tersebut. Perjalanan anda menaiki bendi akan berakhir ketika sudah sampai ke ujung timur pantai parangtritis, tempat gugusan karang nan indah berada. Di tempat inilah biasanya banyak calon pengantin yang memanfaatkan keindahan gugusan karangnya sebagai backround foto prawedding.

Saat matahari mulai terbenam, anda akan menyaksikan lukisan alam yang begitu menakjubkan. Sunset di pantai parangtritis merupakan salah satu sunset pantai yang paling indah, jadi disarankan ketika mengunjungi pantai ini datanglah agak sore, sekitar jam 2 sampai jam 3 sore. Sayang rasanya apabila mengunjung pantai parangtritis tapi
tidak menyaksikan keeksotisan sunsetnya.

Dan pada bulan Desember 2014 ini Dinas Pariwisata Bantul menambahkan suatu ikon baru pada salah satu tempat wisata ini, yaitu berupa Ikon ini berupa tulisan ”PARANGTRITIS” yang mempunyai ukuran 2×25 meter. Lebar yang berwarna merah mencolok ini berukuran 1,5 meter.Ikon ini ditempatkan pada di sisi timur pantai atau 25 meter timur posko SAR. Jadi ini bisa menjadi salah satu background untuk berfoto pada saat berwisata di parangtritis.

ikon tulisan pantai parangtritis pengendolan.com

Misteri Dan Legenda Pantai Parangtritis

Nama pantai ini diambil dari nama desa tempat pantai ini berada, yaitu Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DIY. Selain pantainya yang indah, ternyata salah satu obyek wisata di Jogja ini juga menyimpan misteri serta legenda yang banyak dipercayai, terutama oleh masyarakat sekitar khususnya dan masyarakat Jogjakarta pada umumnya. Pernah mendengar nama Nyi Roro Kidul? Sosok mistis Ratu Pantai Selatan yang sudah dikenal hampir oleh seluruh masyarakat tanah air.

Konon Pantai parangtritis merupakan wilayah kekuasaannya, sehingga terdapat kepercayaan serta beberapa pantangan yang harus diikuti ketika berkunjung ke pantai ini. Seperti larangan menggunakan pakaian berwarna hijau, karena Nyi Roro Kidul selalu menggunakan pakaian serba hijau, dan dia akan murka ketika mendapati ada orang yang menggunakan pakaian berwarna hijau. Tapi terlepas dari semua misteri pantai parangtritis, pantai ini merupakan pantai yang wajib anda masukan dalam daftar tempat yang harus anda kunjungi ketika menyambangi kota gudeg. gak ada salahnya mencari hari cuti di kalender 2015 untuk berlibur kesini.Memang membicarakan wisata Jogja memang gak akan pernah ada habisnya mulai dari keraton Jogja, Malioboro, pantai pantai di Gunung Kidul, Candi Borobudur yang walaupun secara administrasi merupakan obyek wisata di Magelang namun hanya kurang lebih 1 jam dapat ditempuh dari kota Jogja.