Mencicipi masakan serba Jamur di Jejamuran Jogja

Kalau kita ngomongin wisata Jogja, tak akan ada habisnya. Kota budaya dan pelajar ini memiliki seribu keistimewaan yang tak bisa kita ungkapkan. Salah satu yang istimewa dari Yogyakarta adalah kulinernya. Pasti kalian yang pernah backpackeran ke Jogja kenal dengan yang namanya Kopi Joss, atau angkringan. Kali ini pengendolan.com tak membahas kedua kuliner itu. Kita akan membahas tentang kuliner unik, yaitu sebuah resto yang menyediakan masakan serba Jamur, ya nama resto itu adalah jejamuran resto.

Lokasi Jejamuran memang jauh dari pusat Jogja, tapi apa memang ada suatu tempat yang jauh di Jogja?.Untuk dapat mencoba berbagai jenis masakan yang terbuat dari jamur bahkan beberapa minuman juga ada bahan jamurnya, nggak ada yang namanya jauh, ya ngaak?. Jika telah selesai mengunjungi Borobudur atau wisata Magelang, kita bisa mampir terlebih dahulu ke sini karena dengan arah yang sama. Jamur adalah, suatu makanan lezat, sehat dan tentunya harganya tidak mahal. tapi hati-hati bagi kalian yang tidak suka pedas, beberapa makanan disini terasa pedas, jadi bagi mereka yang tidak terbiasa dengan cabai, lebih baik meminta pelayan dan meminta satu yang tidak pedas. Di jejamuran juga menjual keripik jamur,coba deah pasti kalian akan ketagihan, tetapi karena mereka digoreng, jangan makan terlalu banyak sekaligus ya.:)

Apa saja menu di Jejamuran Jogja ini? Semua pokoknya tentang jamur, mulai dari sate, keripik, rendang, sop, pepes, gudeg, semua serba Jamur. Minumannya pun ada yang ditambah dengan Jamur, salah satunya adalah summer breeze.

Di jeJamuran, selain makan yang serba jamur, kita juga dapat melihat budidaya jamur karena pemilik jeJamuran juga membudidayakan jamur. Sebelum kita pergi ke tempat budidaya jamur di jejamuran, kita akan melihat sebuah pondok kecil dengan koleksi jamur yang berbeda beda di tempat itu, dimana pondok-pondok kecil yang terletak di sebelah restoran sedikit di belakang, tetapi kita juga bisa melihatnya dari depan. Dari Pondok kita sudah tahu bahwa setiap jenis jamur akan memiliki perlakuan mereka sendiri dalam hal budidaya. Beberapa ditanam dengan menggantung dan beberapa ditanam di pot atau plastik.Penanaman media menggunakan serbuk gergaji dari jenis kayu.

Kesan saya saat mengunjungi dan mencicipi menu di jeJamuran (seperti sup, Pepes, tongseng, sate dan chip (jamur goreng tepung).. Kesan admin pengendolan.com adalah, ingin kembali makan menu disana. pada tahun 2015, jika kalian mau ke Jogja, gak ada salahnya mencicipi masakan serba jamur disini. Jogja memang unik dan kreatif, murah, nyaman dan tentunya istimewa.

Alamat Jejamuran : Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta 55512, Indonesia (lihat map di Google Maps)