Masjid 1000 Pintu, Tempat Wisata Religi Di Tangerang

Menjajal keberanian menelusuri labirin dan rangkaian lorong panjang dengan deretan pintu yang entah berujung ke mana, rasanya memang akan cukup seru terutama untuk Anda pecinta tantangan adrenalin. Tetapi siapa yang akan menyangka kalau tantangan nyali ini berupa sebuah masjid. Ya…masjid 1000 pintu sebuah tempat wisata di Tangerang dengan latar belakang religi yang unik. (seperti lawang Sewu Semarang aja ya, yang mempunyai seribu pintu)

Unik karena masjid ini hadir dengan bentuk dan konsep yang tidak biasa, jauh dari konsep konvensional yang selama ini Anda kenal dari desain arsitektur masjid. Obyek wisata di Tangerang ini tidak hanya menambah wawasan religi Anda, tetapi juga memberi Anda pengalaman anyar seputar bangunan unik di nusantara. Pasalnya banyak dikatakan bahwa masjid ini termasuk 1 dari 7 masjid terunik dan teraneh di Indonesia.

Berlokasi di tengah pemukiman di kawasan Kampung Bayur Tangerang, membuat masjid yang bernama asli Nurul Yaqin ini tidak banyak dikenal orang. Namanya mulai banyak orang kenal sejak beberapa kali blog-blog wisata religi mengisahkan petualangan unik mereka menyusuri labirin di menara masjid yang unik ini. Harus diakui bahkan bangunan uniknya memang tampak mencolok di tengah perkampungan.

Anda harus menyusuri jalan perkampungan yang dijajari pohon Palem yang menghias jalan kampung sampai ke arah masjid. Kemudian memasuki lorong panjang berdinding kecoklatan sampai akhirnya memasuki area depan masjid. Dan begitu Anda berdiri di hadapan masjid 1000 pintu ini, mungkin Anda akan dibuat sedikit bingung dengan bangunan yang berdiri di hadapan Anda.

Bentuknya sama sekali tidak melambangkan bentuk masjid sebagaimana biasa Anda kenal. Bangunan terdiri dari dua bagian, bangunan panjang yang mirip madrasah dan bangunan menara dengan latar banyak pintu. Di latar depan masjid terdapat area terbuka yang ditujukan sebagai area parkir dengan ukuran sempit. Tak banyak mobil yang muat ditampung area parkir ini, tetapi dengan lokasi ditengah perkampungan jelas tak banyak yang bisa dilakukan untuk memperluas area parkir wisata religi Tangerang satu ini.

Tak bisa dipahami pula bagaimana sebenarnya desain bangunan ini dibuat. Seakan pembangunnya memadukan begitu saja beragam gaya arsitektural tanpa prinsip-prinsip khusus. Bukankah ini menarik? Ketika Anda mendapati beberapa ornament kaligrafi yang berpadu dengan nuansa barok ala Eropa dan beberapa sentuhan batik di sisi lain.

Lupakan bangunan berbentuk kubah atau bangunan utama berbentul hall. Karena Anda tidak akan menjumpainya di sini. Yang ada malah beberapa ruang berbentuk labirin, ruang-ruang mushola kecil yang terpisah-pisah satu sama lain dan beberapa ruang besar, tetapi tidak benar-benar besar untuk sebuah ruang sholat biasanya diperuntukan sebagai aktivitas taklim.

Berdasar sumber-sumber penduduk lokal setempat, pengendolan.com dapat informasi bahwa masjid ini dibangun pada tahun 1978 oleh seorang tokoh agama berketurunan Arab dengan nama Al Faqir. Bangunan ini berdiri pada lahan seluas 1 hektar di tengah pemukiman dan menjadi pusat aktivitas majlis taklim dari kampung tersebut.

Yang menjadi symbol dari masjid satu ini adalah menaranya yang memiliki banyak pintu pada sisi luar. Memasuki sisi dalam menara Anda akan bertemu dengan labirin panjang yang menanjak. Lorongnya sempit dan pendek. Tak hanya itu, udara dalam lorong juga terasa pengap dan cenderung gelap.

Pada ujung labirin Anda akan menjumpai sebuah ruang luas berlantai semen dengan banyak pintu di sisi-sisinya. Beberapa dari pintu-pintu ini akan mempertemukan Anda dengan makam dari pendiri masjid dan sebuah tasbih raksasa yang sengaja disimpan di dalam menara untuk keamanannya.

Beranjak menuju puncak menara, Anda akan menjumpai sebuah area terbuka yang menjadi suar untuk adzan. Beberapa informasi mengatakan lokasi puncak menara ini sempat menjadi salah satu view untuk sebuah tayangan adzan di televisi. Sayang puncak menara tampak sama sekali tidak terawat dan kotor. ( baca juga tentang Masjid Agung Jawa Tengah)

Tangerang memang bukan destinasi wisata favorit, tetapi ternyata tidak ada pesona yang bisa Anda dapatkan dari sana. Ada beberapa objek wisata Tangerang yang cukup menarik dan layak menjadi target kunjungan Anda. Anda bisa buktikan sendiri ketika menjajal untuk mengunjungi obyek tempat wisata di Tangerang satu ini, masjid 1000 pintu. Kunjungi juga kota tujuan wisata lainnya yang dekat dengan kota ini seperti wisata Jakarta dan juga tempat wisata di Bogor.