Lentog Tanjung Wisata Kuliner khas Kudus

Koordinat map garmin S6 50 18.3 E110 50 00.2.

koordinat : 6 50′ 18.3″ LS 110 50′ 00.2″ BT atau bisa di search di peta GPS navigasi.net garminnya dengan nama pusat lentog kudus

Lentog Tanjung terdiri dari 2 kata, lentog dan tanjung. Lentog atau yang biasanya disebut lontong  adalah sebuah makanan yang yang terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang . Sedangkan tanjung (Tanjungkarang) adalah sebuah desa yang berada tepatnya di kecamatan Jati Kab. Kudus, Jawa Tengah. Ya memang makanan khas pagi ini dahulu hanya berasal dari desa sanadan hanya dijual di sekitar daerah tersebut dan ramai pada saat hari Minggu atau libur. Sekarang pun masih ada, walaupun dibeberapa tempat di lain desa juga berdiri warung warung yang menawarkan lentog Tanjung.

Makanan sederhana ini rasanya memang lezat. Walaupun makanan ini hanya terbuat dari irisan lontong yang disiram dengan kuah opor tahu dan sayur gori / nangka muda. Lentog tanjung biasanya ditemani dengan lauk telur puyuh, gorengan, tempe bacem dll. Dulu sendok yang digunakan terbuat dari daun pisang atau yang disebut suru, tetapi sekarang jarang yang masih menggunakannya.

Untuk mencoba makanan ini ada suatu tempat didaerah Tanjung yang memang sudah disediakan khusus untuk menjual lentog Tanjung. Berderet lapak berwarna orange yang semuanya menawarkan makanan khas Kudus ini. Di spanduk masing masing warung terpampang nama penjualnya. warung buka mulai jam setengah enam sampai pukul 2 siang. Bagi anda yang ingin mencicipi makanan ini harganya sangat murah kok sekitar Rp 2500- 3000 saja. Yuk kita mencoba kuliner khas Kudus ini. (pengendolan.com)

Untuk yang sedang berlibur di Kudus bisa melihat daftar tempat wisata di kudus disini dan yang ingin menginap bisa melihat daftar penginapan / hotel yang ada di kudus disini. Jadi kalo kalian sedang liburan di Semarang jangan lupa mampir ke Kudus ya.