Desa Wisata Jogja, Menikmati Indahnya Alam dan Kearifan Budaya Tradisional

pengendolan.com – Desa wisata merupakan salah satu pilihan wisata di Jogja yang bisa dijadikan untuk pilihanmu mengisi liburan nanti. Untuk sedikit melepas penat dari hingar bingar perkotaan, suasana desa memang bisa dijadikan sarana penyegaran dan relaksasi. Tradisi dan budaya asli yang masih dijaga oleh penduduknya menjadi faktor penunjang sebuah tempat kunjungan wisata. Ditambah lagi nuansa khas dari Jogja yang menjadikan desa wisata ini pilihan yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun kerabat. Dari sekian banyaknya desa wisata yang tersedia di Kota Jogja, berikut daftar desa yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Jogja:

Menikmati Indahnya Desa Wisata Jogja

desa wisata pentingsari

  1. DESA WISATA PENTINGSARI

Desa yang terletak di Umbulharjo, Sleman ini pernah dinobatkan sebagai laboratorium desa wisata untuk tingkat Asia Tenggara, karena keindahan alamnya serta keramah-tamahan penduduknya sehingga desa ini dijadikan model percontohan untuk desa wisata di negara-negara Asean. Selain memiliki keindahan alam yang mempesona, rumah-rumah penduduk dan penginapan di desa ini juga dibangun dengan bahan kayu sehingga menambah kesan yang menyatu dengan alam.

Desa wisata yang diapit oleh dua sungai (Sungai Kuning dan Sungai Pawon) ini juga memiliki objek wisata yang berlokasi tidak jauh dari pusat desa. Para pengunjung bisa mencoba mandi ala pedesaan di Pancuran Suci Sendangsari, wisata budaya dengan mengunjungi Rumah Joglo, ataupun mengenal sejarah penjajahan zaman Belanda disitus Batu Dakon.

desa-wisata-nglinggo

  1. DESA WISATA NGLINGGO

Hamparan kebun teh nan hijau begitu indah menyelimuti desa wisata Jogja yang satu ini. Berlokasi di daerah Kulonprogo desa wisata ini begitu tenang menyambut para pengunjungnya. Ditambah lagi ketenangan hutan pinus yang mengelilingi desa ini menambah suasana damai.

Tempat Wisata Jogja Lainnya : Obyek Wisata Kulon Progo

Para pengunjung tidak akan meraskan kebosanan karena akan disuguhi berbagai atraksi adat khas daerah seperti karawitan, angguk dan wayang kulit. Pertunjukan adat yang sarat akan nilai budaya serta kearifan local tentunya bisa menambah wawasan serta kecintaan akan kebudayaan tradisional. Jika pengunjung berniat untuk bermalam, maka disediakan homestay untuk menginap bersama keluarga lengkap dengan sajian khas nglinggo untuk santap sarapan.

desa wisata candran

  1. DESA WISATA CANDRAN

Terkenal dengan julukannya sebagai kampung tani internasional desa yang terletak di dusun Mandingan, Kebonagung ini memberikan daya tarik yang tak kalah menarik jika dibandingkan dengan desa lainnya. Kondisi alam pedesaan yang masih alami dan terjaga menjadikan desa ini begitu diminati oleh para wisatawan.

Di tahun 2006 desa ini mendapatkan sebuah penghargaan berupa didirikannya Museum Tani Jawa Indonesia. Atraksi tani yang disajikan untuk para pengunjung seperti menanam padi, meniti sawah dan kegiatan pertanian lainnya memang sudah menjadi kegiatan sehari-hari para warganya. Pada bulan September disetiap tahunnya festival orang-orangan sawah digelar sebagai simbol kebanggaan desa serta penyambutan masa panen. Pastikan jadwal liburanmu bertepatan dengan digelarnya festival itu ya! Makanya baca kalender 2016 ya. Rencanakan jauh hari jalan jalan ke Jogja.

Festival Memedi Sawah Desa Wisata candran yogyakarta

Festival Memedi Sawah Desa Wisata candran yogyakarta

Mengunjungi desa sebagai tempat wisata ataupun liburan tentu akan memberikan kesan yang tak terlupakan. Menikmati udara segar, membaur dengan penduduk asli serta mengamati adat dan budaya tradisional menjadikan sebuah pengalaman liburan yang berharga. Sebenarnya selain 3 desa wisata diatas, tersebar banyak desa lain yang tak kalah unik di Yogyakarta. Segera siapkan jadwalmu, dan kunjungi desa wisata Jogja untuk liburanmu nanti!